Skip to main content

5 Tips Merawat Kamera HP Supaya Awet dan membuat hasil tetap Bagus

Kamera memiliki peranan penting untuk mengabadikan momen-momen indah yang sedang kita lewati. Dengan menggunakan kamera kita semua bisa mengabadikan setiap momen yang kita lalui dalam bentuk video ataupun gambar.

5 Tips Merawat Kamera HP Supaya Awet dan membuat hasil tetap Bagus

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini kamera sudah menjadi satu kesatuan dengan perangkat gadget atau smartphone. Hampir semua HP pintar saat ini sudah menyertakan kamera beresolusi tinggi sebagai pasangannya.

Perawatan kamera HP juga berbeda dengan perawatan kamera DSLR, hal ini dikarenakan bentuk dan fungsi dari kedua kamera ini memang berbeda. Sehingga dibutuhkan perawatan khusus kamera HP yang juga sekaligus tidak sampai merusak fungsi smartphone itu sendiri. Berikut ini adalah tips merawat kamera HP agar awet yang sengaja aplikatekno rangkum untuk anda semua.

Tips Merawat Kamera HP

1. Menghindari dari benturan keras

Sejatinya semua perangkat keras yang ada pada handphone atau smartphone merupakan perangkat yang sangat sensitif. Termasuk yang sangat sensitif adalah lensa kamera, baik kamera primer yang ada di sisi belakang HP. Maupun kamera sekunder yang ada di sisi depan.

Oleh karena itu sebisa mungkin hindari hp dari benturan keras dengan benda-benda padat. Penyebab lensa kamera HP pecah kebanyakan karena HP terjatuh dari tempat yang tinggi sehingga berbenturan langsung dengan lantai.

Ada baiknya anda membiasakan diri menyimpan HP kesayangan anda ditempat yang sangat aman. Memasukkan HP dalam tas atau menggunakan softcase HP bisa mencegah HP berbenturan langsung dengan benda-benda keras.

2. Bersihkan dengan kain lembut.

Kain lembut yang biasa digunakan untuk membersihkan kacamata bisa digunakan untuk membersihkan lensa HP secara berkala atau teratur. Jika anda menginginkan hasil jepretan kamera HP anda berkualitas hindari membersihkan lensa kamera dengan menggunakan jari-jari tangan.

Hal ini karena jari tangan sering berkeringat dan berminyak, jika dipaksakan untuk membersihkan debu yang menempel pada lensa kamera justru akan menyebabkan lensa menjadi baret. Jika sudah baret maka hasil jepretanpun akan terlihat ngeblur.

Jika anda tidak menemukan kain lembut untuk membersihkan HP gunakanlah tisu wajah yang bertekstur lembut. Tisu bisa membantu anda membersihkan debu-debu nakal yang menempel pada lensa kamera di HP anda.

3. Simpan ditempat yang jauh dari medan elektromagnetik

Medan elektromagnetik dihasilkan oleh perangkat-perangkat elektronik yang ada di rumah anda, bisa berupa televisi, monitor komputer atau laptop, kulkas dan sebagainya. Pastikan anda menyimpan HP anda jauh dari perangkat elektronik yang lain.

Medang elektromagnetik yang dipancarkan oleh peralatan elektronik selain bisa mempengaruhi kinerja hardware HP secara keseluruhan. Selain itu juga bisa  menurunkan kinerja dan performa lensa kamera HP.

Ada baiknya jika anda menyediakan tempat penyimpanan HP khusus yang jauh dari jangkauan medan elektromagnet agar HP anda berumur panjang dan awet.

4. Hindari terpapar sinar matahari langsung

Bagian lensa HP merupakan bagian yang sangat sensitif sekali. Jika sampai lensa kamera HP mengalami gangguan, maka bisa dipastikan kamera HP anda tidak akan bisa digunakan dan menimbulkan masalah.

Paparan sinar matahari yang langsung mengenai lensa kamera HP bisa merusak fungsi lensa kamera. Karena jika terlalu lama dibiarkan bagian lensa akan mengalami panas yang berlebih dan dapat merusak lensa kamera itu sendiri.

Jauhkan juga lensa kamera anda dari kobaran api, baik itu api dari korek api ataupun kobaran api yang lainnya. Jika anda merupakan seorang perokok pastikan tangan yang memegang HP adalah tangan yang sedang tidak memegang rokok.

5. Jangan Terkena Air

Air juga dapat merusak komponen lensa kamera HP, jangan sekali-kali anda mencoba merendam HP anda didalam air jika HP anda belum memiliki sertifikasi IP68 untuk HP anti air dan anti debu. Karena bukan hanya kamera HP anda yang bisa bermasalah, seluruh hardware pada HP juga akan mengalami masalah.

Langan pernah menggunakan kain basah juga untuk membersihkan bagian lensa HP, karena justru akan membuat lensa kamera tergores dan membuat kualitas hasil jepretan menjadi blur atau tidak jelas.

Itulah 5 tips merawat kamera HP yang mungkin bisa anda jadikan acuan merawat kamera HP kesayangan anda. Jangan lupa untuk berkunjung kembali dilain kesempatan yang anda miliki, jika ada sesuatu yang ingin anda bagikan terkait artikel ini gunakan kolom komentar dibagian bawah artikel ini. Salam.

Comments

  1. mantap ini mnin, makasih banyak sudah share
    solder uap

    ReplyDelete
  2. ‘L. Royalty Clothing’ is a clothing line started by designer Ginger Nichelle, After Ginger had great success being a costume designer for over nine years, she decided in 2016 to move into design work and finally open up her clothing store, a dream that she has carried with her since she was young and creating clothing her Barbie dolls so you can buy most modern style clothes so please visit this site follow this link..https://lroyaltyclothing.com
    100 percent correct information on this site.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengetahui Kegunaan Satu Persatu Tools di VSCO editing Android dan Iphone

Set tools Vsco  Jika Anda pengguna smartphone yang menyukai fotografi dan photo editing, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan VSCO Cam. Aplikasi VSCO Cam yang sudah tersedia di App store dan Google Playstore ini memiliki fitur yang lengkap, yaitu : kamera, filter dan panel editing, dan fitur sosial yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan foto secara Online. Kali ini kami akan mengajak Anda belajar tentang penggunaan filter dan panel editing dan fitur lainnya dalam VSCO Cam. Import Gambar ke VSCO Cam Buka VSCO Cam lalu Anda akan langsung masuk ke library Jika Anda menggunakan kamera bawaan dari aplikasi VSCO Cam untuk mengambil gambar, maka gambar hasil  pengambilan tadi akan otomatis tersimpan di library , tetapi jika Anda menggunakan aplikasi kamera lain , maka Anda harus meng-import gambar secara manual kedalam VSCO Cam untuk bisa di edit. Untuk meng-import gambar, klik simbol + untuk menambahkan gambar. Setelah meng-import gambar ke library, s

Perbedaan VSCO dan VSCO X banyak yang masih bertanya tentang hal ini

Aplikasi pengeditan foto VSCO mengumumkan layanan baru yang diberi embel-embel "X". Terus, apa bedanya VSCO dengan VSCO X? Cek bahasan berikut ini yuk! 1. VSCO X itu bayar! Cara membedakannya yang paling gampang, VSCO adalah layanan gratis sementara VSCO X berbasis abonemen alias subscription. Harganya adalah $19.99 setahun atau sekitar Rp266 ribu. dan jika kalian masih gak mau ngeluarin uang sebesar itu ada cara lain dengan menggunakan teknik luckypatch tutorialnya disini  2. Dapet paket filter baru Kalo langganan VSCO X, ada paket filter baru bertajuk "Film X" yang memberikan kesan sinematik pada foto. Paket filter itu berisi stok-stok tone film yang diambil dari Kodak Portra 160, Kodak Portra 400, Kodak Tri-X, dan Fuji Pro 400H. VSCO menegaskan layanan X-nya memang ditujukan untuk kalangan profesional. 3. Fitur edit lebih canggih Nggak cuma penambahan filter sinematik, sistem pengeditan pada VSCO X pun katanya

TUTORIAL INSTAGRAM PHOTO EDITING UNTUK FOTO GELAP MENJADI FOTO TERANG (EPS 1 KADEK ARINI)

Pagi ini saya terbangun memikirkan pagi hari macam apa favorit saya untuk memulai hari. Saya melihat kembali foto-foto lama saya dan menemukan salah satu favorit saya diambil dari tahun lalu. Itu terletak di pondok yang saya tinggali di Sumbawa, Indonesia. Foto itu sendiri diambil pada pukul 07.00 pagi, oleh karena itu jika Anda melihat foto aslinya, foto itu dipenuhi oleh banyak bayangan karena sebenarnya saya berdiri menghalangi cahaya matahari, jadi saya mendapat zona lampu latar. Saya mencoba menyetel setting kamera saya agar lebih ringan tapi kemudian saya kehilangan warna getaran yang sebenarnya karena mempengaruhi kurva paparan. Jadi aku membiarkannya tertangkap gelap seperti ini. Sinar matahari sebenarnya berasal dari sisi kanan saya, oleh karena itu Anda bisa melihat warna langit tidak sama, tapi semakin ringan ke sisi kiri. Itu tidak muncul karena saya mengatur pengaturan kamera agar tetap gelap. Tapi jangan khawatir kita benar-benar bisa mendapatkan kembali sinar