Skip to main content

10 Tips Mengambil Foto Minimalis iPhone yang Lucu

Komposisi minimal adalah salah satu cara paling ampuh untuk membuat foto yang eye catching. Foto paling sederhana seringkali yang paling indah, dan juga yang paling menggelitik. Dengan memasukkan sejumlah besar ruang kosong ke dalam gambar Anda, Anda bisa memberi perhatian pada subjek Anda, bahkan jika itu sangat kecil di dalam bingkai. Dalam tutorial ini Anda akan menemukan sepuluh tip bagus untuk membuat foto iPhone minimalis yang menakjubkan dalam berbagai situasi pengambilan gambar.



Apa itu Fotografi Minimalis?

Fotografi minimalis adalah tentang melucuti sebuah adegan sehingga Anda hanya memasukkan elemen terpenting di dalam bingkai. Kesederhanaan adalah kunci untuk menciptakan foto minimalis yang menakjubkan.

Kurang lebih dengan genre fotografi ini. Ruang kosong, subjek tunggal, garis sederhana, pola geometris dan warna kontras adalah cara bagus untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Semudah ini terdengar, mengambil foto minimalis yang bagus terkadang bisa lebih sulit dari perkiraan Anda. Menemukan subjek yang tepat, sudut pengambilan gambar dan komposisi bisa memakan sedikit waktu dan eksperimen. Tapi begitu Anda melakukannya dengan benar, hasilnya akan menakjubkan!

Apa yang Membuat Subjek Minimalis Bagus?

Banyak objek membuat subjek yang bagus untuk foto minimalis. Ini sebenarnya lebih berkaitan dengan apa yang mengelilingi subjek. Tujuannya dengan fotografi minimalis adalah untuk mengisolasi subjek utama Anda, dan ini biasanya dilakukan dengan memastikan bahwa subjek memiliki banyak ruang kosong di sekitarnya.

Pindai langit dengan matamu. Carilah benda yang bisa dipisahkan dari gangguan di latar belakang sampai hanya langit yang berada di belakangnya. Tentu Anda akan mencari bangunan tinggi, jembatan, rambu, tiang lampu, dahan dan pohon.

Tapi Anda bisa dengan mudah mengambil sesuatu yang menarik yang Anda temukan di tanah dan menahannya di langit. Begitu Anda menemukan objek Anda, pastikan tidak ada dalam bingkai yang akan merusak gambar sebelum Anda mengarahkan dan menembak.

Anda mencari tembakan bersih dengan pendekatan minimalis di sini. Jenis tembakan ini dapat bervariasi dalam banyak cara tergantung pada lokasi Anda dan di mana Anda memilih untuk memposisikan subjek Anda dalam bingkai.

Jadi, mari kita lihat sepuluh cara untuk mulai mengeksplorasi genre fotografi minimalis yang indah, menciptakan komposisi sederhana dengan iPhone Anda.



1. Keep It Simple

Tip yang paling penting, dan mungkin paling jelas, untuk menciptakan komposisi minimal adalah dengan tetap sederhana. Namun, ini tidak berarti foto Anda harus membosankan atau tidak menarik.

Selama Anda memilih subjek yang akan menarik perhatian pemirsa, foto Anda harus menarik dan menarik, meskipun mungkin tidak terlalu banyak. Begitu Anda memilih subjek untuk dipotret, pertimbangkan bagaimana Anda bisa menyederhanakan pemandangan. Pastikan tidak ada unsur latar belakang yang mengganggu atau objek lain di tempat kejadian yang akan menarik perhatian dari subjek utama Anda. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda sertakan dan apa yang ingin Anda hilangkan dari tembakan Anda. Kemudian bekerja untuk mencapai hal ini. Itu mungkin berarti memindahkan subjek Anda ke lokasi yang berbeda untuk menggunakan latar belakang yang lebih bersih, atau menembak dari sudut yang berbeda untuk menghilangkan benda yang mengganggu dari tempat kejadian.

2. Sertakan Banyak Ruang Negatif

Ruang negatif adalah ruang kosong di sekitar subjek dalam gambar. Dalam kebanyakan kasus, ruang negatif digunakan sebagai latar belakang netral atau kontras untuk mengisolasi subjek utama. Subyek disebut sebagai ruang positif. Anda mungkin berpikir bahwa ruang kosong tidak begitu penting dalam sebuah foto, tapi itu tidak benar. Ruang negatif adalah alat penting untuk membantu Anda menekankan titik minat utama Anda di lokasi kejadian. Tanpa ada unsur yang mengganggu di latar belakang, tidak ada yang bisa bersaing untuk mendapat perhatian dengan subjek utamanya. Jadi biarpun subjek utama Anda sangat kecil dalam adegan, mereka tetap akan sangat menonjol karena ruang kosong di sekitar mereka.

Ruang negatif juga membantu menciptakan rasa skala pada sebuah gambar. Ini memberi pemirsa gagasan bagus tentang seberapa besar atau kecil objek pada gambar sebenarnya. Hubungan dalam ukuran antara ruang negatif dan positif secara alami akan menciptakan skala rasa. Menggunakan sejumlah besar ruang negatif juga dapat membantu Anda menyeimbangkan dan menyusun gambar Anda. Saya suka bereksperimen dengan keseimbangan antara ruang positif dan negatif. Jangan takut menggunakan banyak ruang negatif, apalagi jika Anda memiliki subjek yang kuat seperti anak ini yang mengenakan pakaian merah terang di foto di atas. Ini bukan ilmu pasti dan sebagian besar didasarkan pada preferensi pribadi, tapi bila Anda menemukan keseimbangan sempurna antara ruang kosong dan subjek Anda, Anda akan mengetahuinya!




3. Tembak Melawan Latar Belakang yang Biasa

Penembakan terhadap latar belakang polos sangat penting untuk fotografi minimalis. Anda tidak ingin ada benda atau pola yang mengganggu untuk diperhatikan dengan subjek.

Dinding polos atau lantainya sempurna, atau jika subjek Anda cukup kecil Anda bisa meletakkannya di atas meja atau permukaan polos lainnya. Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan beberapa tirai atau lembaran jika Anda memotret di rumah Anda sendiri.

Ini memberi Anda kendali penuh atas gambar. Jika Anda menginginkan latar belakang putih, letakkan lembar putih di tanah dan posisikan benda Anda di atasnya untuk pemotretan. Jika Anda menginginkan latar belakang merah, gunakan lembar merah.

Bila Anda menggunakan salah satu dari ruang yang disebutkan di atas sebagai latar belakang, Anda tidak perlu mencari sudut di mana gangguan di latar belakang tidak terlihat, karena tidak akan ada gangguan.

4. Gunakan Langit sebagai Ruang Negatif

Jika Anda menembak di luar, seringkali sulit menemukan latar belakang netral atau hamparan ruang kosong yang luas untuk memotret subjek Anda. Dalam kasus ini, solusi sederhana adalah menggunakan langit sebagai latar belakang Anda.

Jika Anda dapat memilih subjek Anda, cukup tahan terhadap langit dan ambil fotonya. Jika subjek Anda tidak dapat dipindahkan, turun ke tanah dan menembak dari sudut rendah, pastikan bahwa Anda hanya mendapatkan langit di belakang subjek Anda.

5. Tembak Kontras Warna

Saya suka bermain dengan warna dalam fotografi, dan menemukan dua warna kontras adalah cara hebat untuk membuat foto iPhone minimalis yang menakjubkan. Anda hanya perlu memastikan bahwa warna subjek Anda kontras dengan warna ruang negatif, sehingga subjek terisolasi dengan latar belakang.

Teknik ini adalah cara mudah untuk memperkuat titik minat yang Anda inginkan. Yang harus Anda lakukan adalah memutuskan apa yang ingin Anda bidik dan warna mana yang Anda inginkan pada gambar itu. Bunga merah muda ini berdiri sangat baik melawan langit biru yang cerah, menciptakan citra minimalis yang mencolok dan semarak.

Serta menggunakan latar belakang berwarna yang hidup, coba gunakan latar belakang hitam polos. Apapun alat peraga yang Anda gunakan, saya menjamin bahwa mereka akan menonjol selama latar belakang terdiri dari ruang negatif yang merupakan warna yang kontras.

6. Sertakan Hanya Bagian Dari Subjek Anda

Untuk menarik foto minimalis yang menciptakan rasa misteri dan intrik, Anda mungkin ingin bereksperimen dengan hanya menyertakan sebagian kecil subjek Anda dalam bingkai. Ruang yang lebih negatif yang Anda sertakan, dan semakin sedikit Anda melihat ruang positif, semakin besar misteri itu.

Saya suka menggunakan teknik ini saat memotret orang. Hanya termasuk tangan dan tangan mereka dalam bingkai adalah cara sederhana untuk menciptakan komposisi minimal dengan atmosfir misteri. Siapa orang ini? Apa yang mereka lakukan? Mengapa mereka ada di sana?

Pastikan Anda memiliki latar belakang polos seperti dinding, lapangan atau langit di belakangnya. Anda juga bisa menggunakan teknik ini dengan mata pelajaran yang lebih besar saat memotret dari kejauhan.

Di sini saya memilih untuk menulis foto dengan memotong setengah bagian bawah orang dan pohon, menggunakan sebagian besar langit sebagai ruang negatif dan tidak termasuk latar depan dalam foto. Tanpa rincian dari bagian bawah pemandangan, Anda kehilangan titik acuan yang menciptakan rasa misteri di foto.

7. Buat siluet

Jika Anda memotret objek melawan langit yang terang, Anda bisa menciptakan siluet yang paling indah dan misterius. Matahari terbenam dan matahari terbit, saat matahari terbenam di langit, biasanya merupakan saat terbaik untuk menciptakan siluet.

Posisikan subjek Anda sehingga hanya langit yang terlihat di belakang mereka, lalu fokus pada objek Anda dan sesuaikan eksposur dengan menggesek layar. Anda perlu membuat gambar cukup gelap sehingga subjek Anda tampak seperti siluet hitam di langit yang terang.

Ada dua cara mudah untuk memastikan Anda mendapatkan hanya langit polos di belakang subjek Anda. Anda bisa menemukan bukit atau posisi tinggi lainnya untuk menampilkan model Anda, dan menembak dari bawah ke bawah sehingga Anda melihat ke arah mereka. Atau ambil tembakan dari sudut yang sangat rendah - Anda mungkin perlu berbaring di tanah untuk memastikan Anda mendapatkan langit di belakang subjek Anda.

Anda juga bisa membuat siluet di dalam rumah dengan menembak mati cahaya yang kuat melalui jendela. Anda juga bisa menggunakan sumber cahaya buatan, seperti lampu, di belakang subjek. Ingatlah untuk mengurangi paparan sehingga subjek Anda dan area gelap lainnya menjadi benar-benar hitam.



Comments

Popular posts from this blog

Mengetahui Kegunaan Satu Persatu Tools di VSCO editing Android dan Iphone

Set tools Vsco  Jika Anda pengguna smartphone yang menyukai fotografi dan photo editing, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan VSCO Cam. Aplikasi VSCO Cam yang sudah tersedia di App store dan Google Playstore ini memiliki fitur yang lengkap, yaitu : kamera, filter dan panel editing, dan fitur sosial yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan foto secara Online. Kali ini kami akan mengajak Anda belajar tentang penggunaan filter dan panel editing dan fitur lainnya dalam VSCO Cam. Import Gambar ke VSCO Cam Buka VSCO Cam lalu Anda akan langsung masuk ke library Jika Anda menggunakan kamera bawaan dari aplikasi VSCO Cam untuk mengambil gambar, maka gambar hasil  pengambilan tadi akan otomatis tersimpan di library , tetapi jika Anda menggunakan aplikasi kamera lain , maka Anda harus meng-import gambar secara manual kedalam VSCO Cam untuk bisa di edit. Untuk meng-import gambar, klik simbol + untuk menambahkan gambar. Setelah meng-import gambar ke library, s

Perbedaan VSCO dan VSCO X banyak yang masih bertanya tentang hal ini

Aplikasi pengeditan foto VSCO mengumumkan layanan baru yang diberi embel-embel "X". Terus, apa bedanya VSCO dengan VSCO X? Cek bahasan berikut ini yuk! 1. VSCO X itu bayar! Cara membedakannya yang paling gampang, VSCO adalah layanan gratis sementara VSCO X berbasis abonemen alias subscription. Harganya adalah $19.99 setahun atau sekitar Rp266 ribu. dan jika kalian masih gak mau ngeluarin uang sebesar itu ada cara lain dengan menggunakan teknik luckypatch tutorialnya disini  2. Dapet paket filter baru Kalo langganan VSCO X, ada paket filter baru bertajuk "Film X" yang memberikan kesan sinematik pada foto. Paket filter itu berisi stok-stok tone film yang diambil dari Kodak Portra 160, Kodak Portra 400, Kodak Tri-X, dan Fuji Pro 400H. VSCO menegaskan layanan X-nya memang ditujukan untuk kalangan profesional. 3. Fitur edit lebih canggih Nggak cuma penambahan filter sinematik, sistem pengeditan pada VSCO X pun katanya

TUTORIAL INSTAGRAM PHOTO EDITING UNTUK FOTO GELAP MENJADI FOTO TERANG (EPS 1 KADEK ARINI)

Pagi ini saya terbangun memikirkan pagi hari macam apa favorit saya untuk memulai hari. Saya melihat kembali foto-foto lama saya dan menemukan salah satu favorit saya diambil dari tahun lalu. Itu terletak di pondok yang saya tinggali di Sumbawa, Indonesia. Foto itu sendiri diambil pada pukul 07.00 pagi, oleh karena itu jika Anda melihat foto aslinya, foto itu dipenuhi oleh banyak bayangan karena sebenarnya saya berdiri menghalangi cahaya matahari, jadi saya mendapat zona lampu latar. Saya mencoba menyetel setting kamera saya agar lebih ringan tapi kemudian saya kehilangan warna getaran yang sebenarnya karena mempengaruhi kurva paparan. Jadi aku membiarkannya tertangkap gelap seperti ini. Sinar matahari sebenarnya berasal dari sisi kanan saya, oleh karena itu Anda bisa melihat warna langit tidak sama, tapi semakin ringan ke sisi kiri. Itu tidak muncul karena saya mengatur pengaturan kamera agar tetap gelap. Tapi jangan khawatir kita benar-benar bisa mendapatkan kembali sinar