Skip to main content

VSCO Mobile Photography ala Marrysa Tunjung Sari

Saya Marrysa Tunjung Sari Bermain bersama Iwashere di Nias Selatan sungguh menantang sekaligus menyenangkan. Aku ndak tahu akan seperti apa nanti #kelasfotografi yang akan terjadi. Bahkan sebelum berangkat, aku menceritakan tentang "takut" karena kesannya serius dan mereka tidak memiliki alat mumpuni. Karena aku jelaskan yang utama dalam setiap sharing adalah "membangunkan" konten. Alat apa pun yang mereka punya tidak akan masalah.
VSCO Mobile Photography ala Marrysa Tunjung Sari
Shoot Iphone Edit VSCO

Memotret dengan Ponsel

Tidak perlu malu atau ragu bila alat yang tersedia. Justru tugasmu adalah mencari tahu kekurangan dari ponselmu apa? Jika memang terlalu jadul karena tidak bisa digunakan dalam memotret keindahan, pemandangan, landscape, gunakanlah komposisi. Kecerdasan komposisi bisa dipelajari dengan latihan yang rajin.

Buat saja informasi saja, walaupun ponselnya mahal kalau tidak bisa bermain dengan komposisi dan angle yang cerdas ya sudah. Mau dikasih kamera apa sih hasilnya ya gitu-gitu aja Yang memang tidak ada yang bisa dibandingkan beberapa spesifikasi yang tidak bisa, misalkan pergerakan saat keadaan gelap, foto yang membutuhkan zoom (jarak jauh) dan beberapa teknis lainnya. Ya hadapi yang bisa, berhenti ngobrol dan segera bercerita!

Buat aku yang bekerja memilih foto untuk majalah, akan melihat komposisi dan momen. Tidak semua foto yang ingin diceritakan harus dengan momen yang bergerak cepat? Bisa memotret pasar, potret, dan sebagainya. Peraturan dasar ketiga, leading line dan sebagainya. Jangan hanya dibaca, praktekin dong. Bagaimana pun, mengatur komposisi adalah masalah membiasakan diri secara bawah sadar.

Beberapa contoh komposisi dasar bisa kalian di sini dan untuk latihan coba keluarkan fitur grid dan latihan seperti yang dicontohkan di link tadi. Lalu pilih satu foto terbaik dan pisahkan. Selain kalian belajar untuk menggunakan komposisi, kalian juga latihan memilih foto. Harus tega ya sama diri sendiri. Usahakan jangan menyisakan foto yang serupa atau sejenis.

Pilih penggunaan format vertikal (potret) dan horisontal (landscape) untuk menyatakan emosi yang ingin ditekankan. Vertikal untuk penerbangan tinggi. Ambil 1 foto yang sama dengan alternatif 2 format vertikal dan horisontal.

Gunakan setingan dengan ukuran paling baik, superfine, besar dan sebagainya. Setiap ponsel memiliki penyebutan ukuran yang berbeda, selalu pilih yang terbaik agar nanti jika ingin imbuh hasilnya akan lebih baik. Lalu kalau mau cari hasilnya lebih dekat, lakukan dengan mendekat. Jangan menggunakan zoom pada ponsel, karena itu adalah digital zoom. Bahasa mudahnya itu gambar yang di tarik membuatannya, hasilnya akan kurang tajam.

Aku paling senang bermain dengan cahaya, gunakan cahaya pada sakit hari sering menghasilkan gambar yang menyenangkan. Suka sedikit menyiksa modelnya, aku senang menyuruh mereka menghadap ke arah matahari. Senang aja liat hasil akhirnya. Gelap dan terang itu sangat penuh emosi ...

https://jagamineproject.wordpress.com/


Seperti cerita di bawah ini, saat sedang wawancara seorang bapak pilih rumah di desa Bawomataluo, dia nama nama alat kukur kelapa (marut). Saat berusaha mengetik ulang, aku masih salah dalam mengejanya. Setelah ketiga kali akhirnya bapak berinisiatif untuk menuliskannya. Surat kabar dari laci dan menuliskannya di meja, nampak tulisan asing. Ternyata Nias memiliki cara penulisan sendiri yang berbeda dari bahasa indonesia. Ini lucu sekali Lalu aku minta bapak mengulang pose dan aku mengambil gambar di bawa ini.

Selebihnya kalian bisa membeli asesoris seperti tripod mini untuk kamera ponsel dan alat pendukung lainnya. Banyak hal menarik tentang indonesia, terutama kampung halaman kalian semua. Misalkan Nias, sangat banyak yang bisa dicoba tapi kalau kita browsing di google ... sangat sedikit materi yang bisa kita gunakan sebagai petunjuk pendatang / wisatawan. Alangkah menyenangkan jika kalian yang tinggal di lokasi bisa menceritakan halaman belakang rumah kalian dengan bahasa visual kalian.

Bagaimana? Siap ngomong?




Semua kutipan adalah Kutipan Beliau Marrysa Tunjung Sari , saya hanya sebagian riset mendalami pengetahuan tentang photography . terimakasih untuk beliau

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengetahui Kegunaan Satu Persatu Tools di VSCO editing Android dan Iphone

Set tools Vsco  Jika Anda pengguna smartphone yang menyukai fotografi dan photo editing, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan VSCO Cam. Aplikasi VSCO Cam yang sudah tersedia di App store dan Google Playstore ini memiliki fitur yang lengkap, yaitu : kamera, filter dan panel editing, dan fitur sosial yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan foto secara Online. Kali ini kami akan mengajak Anda belajar tentang penggunaan filter dan panel editing dan fitur lainnya dalam VSCO Cam. Import Gambar ke VSCO Cam Buka VSCO Cam lalu Anda akan langsung masuk ke library Jika Anda menggunakan kamera bawaan dari aplikasi VSCO Cam untuk mengambil gambar, maka gambar hasil  pengambilan tadi akan otomatis tersimpan di library , tetapi jika Anda menggunakan aplikasi kamera lain , maka Anda harus meng-import gambar secara manual kedalam VSCO Cam untuk bisa di edit. Untuk meng-import gambar, klik simbol + untuk menambahkan gambar. Setelah meng-import gambar ke library, s

Perbedaan VSCO dan VSCO X banyak yang masih bertanya tentang hal ini

Aplikasi pengeditan foto VSCO mengumumkan layanan baru yang diberi embel-embel "X". Terus, apa bedanya VSCO dengan VSCO X? Cek bahasan berikut ini yuk! 1. VSCO X itu bayar! Cara membedakannya yang paling gampang, VSCO adalah layanan gratis sementara VSCO X berbasis abonemen alias subscription. Harganya adalah $19.99 setahun atau sekitar Rp266 ribu. dan jika kalian masih gak mau ngeluarin uang sebesar itu ada cara lain dengan menggunakan teknik luckypatch tutorialnya disini  2. Dapet paket filter baru Kalo langganan VSCO X, ada paket filter baru bertajuk "Film X" yang memberikan kesan sinematik pada foto. Paket filter itu berisi stok-stok tone film yang diambil dari Kodak Portra 160, Kodak Portra 400, Kodak Tri-X, dan Fuji Pro 400H. VSCO menegaskan layanan X-nya memang ditujukan untuk kalangan profesional. 3. Fitur edit lebih canggih Nggak cuma penambahan filter sinematik, sistem pengeditan pada VSCO X pun katanya

TUTORIAL INSTAGRAM PHOTO EDITING UNTUK FOTO GELAP MENJADI FOTO TERANG (EPS 1 KADEK ARINI)

Pagi ini saya terbangun memikirkan pagi hari macam apa favorit saya untuk memulai hari. Saya melihat kembali foto-foto lama saya dan menemukan salah satu favorit saya diambil dari tahun lalu. Itu terletak di pondok yang saya tinggali di Sumbawa, Indonesia. Foto itu sendiri diambil pada pukul 07.00 pagi, oleh karena itu jika Anda melihat foto aslinya, foto itu dipenuhi oleh banyak bayangan karena sebenarnya saya berdiri menghalangi cahaya matahari, jadi saya mendapat zona lampu latar. Saya mencoba menyetel setting kamera saya agar lebih ringan tapi kemudian saya kehilangan warna getaran yang sebenarnya karena mempengaruhi kurva paparan. Jadi aku membiarkannya tertangkap gelap seperti ini. Sinar matahari sebenarnya berasal dari sisi kanan saya, oleh karena itu Anda bisa melihat warna langit tidak sama, tapi semakin ringan ke sisi kiri. Itu tidak muncul karena saya mengatur pengaturan kamera agar tetap gelap. Tapi jangan khawatir kita benar-benar bisa mendapatkan kembali sinar