Skip to main content

10 Teknik Komposisi Yang Memperbaiki Foto Anda

Tidak ada peraturan yang tidak bisa dipecahkan dalam hal bagaimana Anda harus menulis foto Anda. Lagi pula, siapa yang suka aturan kecuali kepala sekolah lama atau kepala departemen H.R? Namun ada beberapa panduan yang dapat Anda gunakan untuk membantu memperbaiki komposisi foto Anda.



10 Teknik Komposisi Yang Akan Memperbaiki Foto Anda

Dalam tutorial ini, saya telah mencantumkan 20 panduan ini beserta contoh masing-masing. Saya sudah mulai dengan yang paling dasar dan selesai dengan beberapa teknik komposisi yang lebih maju.

Pertama-tama kita harus mendefinisikan apa yang dimaksud dengan 'komposisi'. Komposisi mengacu pada cara berbagai elemen dalam sebuah adegan disusun dalam bingkai. Seperti yang sudah saya sebutkan, peraturan ini tidak keras dan cepat tapi panduannya. Yang mengatakan, banyak dari mereka telah digunakan dalam seni selama ribuan tahun dan mereka benar-benar membantu mencapai komposisi yang lebih menarik. Saya menemukan bahwa saya biasanya memiliki satu atau lebih panduan ini di bagian belakang pikiran saya saat saya sedang melakukan suntikan.


Kita akan mulai dengan teknik komposisi yang paling terkenal: Rule of Thirds.

# 1. Rule of Thirds
10 Teknik Komposisi Yang Akan Memperbaiki Foto Anda


Jadi saya baru saja mengatakan kepada Anda bahwa tidak ada aturan keras dan cepat dalam hal komposisi dan kemudian hal pertama yang saya tulis adalah 'aturan' pertiga. Dalam pembelaanku, aku tidak menemukan namanya. Aturan pertiga sangat sederhana. Anda membagi bingkai menjadi 9 persegi panjang yang sama, 3 di dan 3 turun seperti yang digambarkan di bawah ini. Banyak produsen kamera benar-benar menyertakan kemampuan untuk menampilkan grid ini dalam mode live view. Periksa manual kamera Anda untuk melihat cara mengaktifkan fitur ini.

Idenya adalah menempatkan elemen penting dari adegan di sepanjang satu atau lebih dari garis atau di mana garis berpotongan. Kita memiliki kecenderungan alami untuk mau menempatkan subjek utama di tengah. Menempatkannya di luar pusat dengan menggunakan aturan pertiga akan lebih sering daripada tidak menghasilkan komposisi yang lebih menarik.

Di foto ini, saya telah menempatkan cakrawala kira-kira di sepanjang sepertiga bagian bawah bingkai dan pohon terbesar dan terdekat di sepanjang garis ke kanan. Foto tidak akan memiliki dampak yang sama jika pohon yang lebih besar ditempatkan di tengah bingkai.
Di foto Old Town Square di Praha ini, saya telah menempatkan cakrawala di sepanjang sepertiga bagian atas bingkai. Sebagian besar bangunan duduk di tengah ketiga dan alun-alun itu sendiri menempati sepertiga bagian bawah bingkai. Menara gereja ditempatkan di dekat garis horizontal di sebelah kanan bingkai.

# 2. Centred Composition and Symmetry

10 Teknik Komposisi Yang Akan Memperbaiki Foto Anda


Sekarang setelah saya memberi tahu Anda untuk tidak menempatkan subjek utama di tengah bingkai, saya akan memberitahu Anda untuk melakukan hal yang sebaliknya! Ada kalanya menempatkan subjek di tengah bingkai bekerja dengan sangat baik. Adegan simetris sangat cocok untuk komposisi yang berpusat. Mereka juga terlihat sangat bagus dalam bingkai persegi.
Foto Jembatan Ha'penny di kota asalku Dublin adalah kandidat sempurna untuk komposisi terpusat. Arsitektur dan jalan sering membuat subjek yang hebat untuk komposisi terpusat.

Adegan yang berisi refleksi juga merupakan kesempatan besar untuk menggunakan simetri dalam komposisi Anda. Di foto ini, saya benar-benar menggunakan campuran aturan pertiga dan simetri untuk menulis adegan. Pohon diposisikan di sebelah kanan ke kanan bingkai namun air danau yang tetap sempurna memberikan simetri. Anda sering bisa menggabungkan beberapa panduan komposisi dalam satu foto.

# 3. Foreground Interest and Depth

10 Teknik Komposisi Yang Akan Memperbaiki Foto Anda


Termasuk beberapa kepentingan latar depan dalam sebuah adegan adalah cara yang bagus untuk menambahkan rasa kedalaman ke tempat kejadian. Foto-foto itu 2D secara alami. Termasuk foreground interest pada frame adalah salah satu dari sejumlah teknik untuk memberi kesan yang lebih 3D rasakan.

Dalam foto air terjun di Belanda ini, batu-batu di sungai memberikan sumber yang sangat baik untuk kepentingan latar depan. Menambahkan foreground interest bekerja sangat baik dengan lensa wide-angle.

Saya mengambil foto ini di Docklands Dublin. Dermaga di sepanjang dermaga memberi latar depan pada tembakan ini. Saya pikir itu menambahkan arti sebenarnya dari kedalaman komposisi. Dok di cleat ini hanya beberapa meter di depan saya saat saya mengambil tembakan ini. Termasuk dalam bingkai menggambarkan rasa kedalaman di tempat kejadian dengan memasukkan elemen yang saya cukup dekat serta jembatan dan bangunan di kejauhan dan segala sesuatu di antaranya.

Seorang teman yang bersama saya malam itu tersandung di salah satu lapangan dan akhirnya mendapatkan pandangan yang sangat dekat dari Sungai Liffey. Itulah salah satu cara untuk menambahkan kedalaman ke tempat kejadian.

# 4. Frame Within the Frame

10 Teknik Komposisi Yang Akan Memperbaiki Foto Anda


Bingkai Framing dengan Arch - Komposisi Foto
Termasuk 'frame withing the frame' adalah cara lain yang efektif untuk menggambarkan kedalaman dalam sebuah adegan. Carilah elemen seperti jendela, lengkungan atau cabang menjorok untuk membingkai tempat kejadian. 'Bingkai' tidak harus mengelilingi keseluruhan adegan agar efektif.

Dalam foto di atas yang diambil di Lapangan St Mark di Venesia, saya menggunakan gapura untuk membingkai St Marks Basilica dan Campanile di ujung piazza. Penggunaan pemandangan yang dilihat melalui lengkungan merupakan ciri umum lukisan Renaisans sebagai cara menggambarkan kedalaman. Seperti yang bisa Anda lihat, alun-alun itu benar-benar kosong saat saya mengambil tembakan. Inilah salah satu manfaat bangun jam 5 pagi. Pagi hari adalah salah satu saat favorit saya untuk keluar dan berkeliling dengan kamera.

Bingkai tidak harus menjadi benda buatan manusia seperti lengkungan atau jendela. Foto di bawah diambil di County Kildare di Irlandia. Kali ini, saya menggunakan batang pohon ke kanan dan cabang menjorok untuk membuat bingkai di sekitar tempat kejadian yang berisi jembatan dan rumah perahu. Perhatikan bahwa meskipun 'bingkai' tidak benar-benar mengelilingi keseluruhan pemandangan dalam kasus ini, namun tetap menambahkan rasa kedalaman.

Menggunakan 'bingkai dalam bingkai' menyajikan kesempatan besar untuk menggunakan lingkungan sekitar Anda untuk menjadi kreatif dalam komposisi Anda.

# 5. Leading Lines

10 Teknik Komposisi Yang Akan Memperbaiki Foto Anda


Garis utama membantu mengarahkan pemirsa melalui gambar dan memusatkan perhatian pada elemen penting. Apa pun dari jalur, dinding atau pola bisa dijadikan garis terdepan. Lihatlah contoh di bawah ini.

Di foto Menara Eiffel ini, saya menggunakan pola pada batu paving sebagai garis terdepan. Garis di tanah semua mengarahkan penampil ke Menara Eiffel di kejauhan. Anda juga akan melihat bahwa saya menggunakan komposisi terpusat untuk adegan ini. Simetri lingkungan sekitar saya membuat komposisi jenis ini bekerja dengan baik.

Garis utama tidak harus lurus seperti yang digambarkan oleh gambar di atas. Sebenarnya garis lengkung bisa sangat menarik komposisi fitur. Dalam kasus ini, jalan mengarah ke penampil di sebelah kanan bingkai sebelum berayun ke kiri ke arah pohon. Saya juga menggunakan aturan pertiga saat menyusun tembakan.

# 6. Diagonals and Triangles
10 Teknik Komposisi Yang Akan Memperbaiki Foto Anda
Sering dikatakan bahwa segitiga dan diagonal menambahkan 'ketegangan dinamis' pada sebuah foto. Ibu mertua saya juga melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk menambahkan ketegangan ke tempat lain. Apa yang kita maksud dengan 'ketegangan dinamis'? Ini bisa jadi rumit untuk dijelaskan dan bisa nampak agak sok. Lihatlah dengan cara ini, garis horizontal dan garis vertikal menunjukkan stabilitas. Jika Anda melihat seseorang berdiri di atas permukaan horizontal, dia akan tampak cukup stabil kecuali jika dia tersandung dari sebuah pub pada pukul 02:00. Letakkan pria ini di permukaan yang landai dan dia akan tampak kurang stabil. Hal ini menciptakan tingkat ketegangan tertentu secara visual. Kita tidak begitu terbiasa dengan diagonal dalam kehidupan kita sehari-hari. Mereka secara tidak sadar menyarankan ketidakstabilan. Memasukkan segitiga dan diagonal ke dalam foto kita dapat membantu menciptakan rasa 'ketegangan dinamis' ini.

Menggabungkan segitiga ke dalam adegan adalah cara efektif yang sangat baik untuk mengenalkan ketegangan dinamis. Segitiga bisa berupa benda berbentuk segitiga atau segitiga tersirat. Saya akan menjelaskannya secara lebih mendetail dalam sekejap.

Gambar Jembatan Samuel Beckett di Dublin ini menggabungkan banyak segitiga dan diagonal ke dalam pemandangan. Jembatan itu sendiri adalah segitiga yang sebenarnya (Ini sebenarnya seharusnya mewakili Harp Celtic di sisinya). Ada juga beberapa segitiga 'tersirat' di tempat kejadian. Perhatikan bagaimana garis terdepan di sebelah kanan bingkai berada diagonal dan membentuk segitiga yang semuanya bertemu pada titik yang sama. Ini adalah 'segitiga tersirat'. Memiliki diagonal yang pergi ke arah yang berbeda menambah banyak 'ketegangan dinamis' ke tempat kejadian. Sekali lagi Anda dapat melihat bagaimana saya menggabungkan dua teknik untuk menyusun gambar: garis dan diagonal terkemuka.

Dalam foto Hotel de Ville di Paris ini, segitiga dan diagonal tersirat menciptakan ketegangan dinamis. Kita tidak terbiasa melihat bangunan yang bersandar pada sudut seperti itu dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini sedikit mengejutkan bagi keseimbangan kita. Inilah yang menciptakan ketegangan visual. Anda juga bisa berbicara tentang ketegangan dinamis agar terdengar cerdas (atau mengganggu sok) di depan teman Anda.

# 7. Patterns and Textures


Manusia secara alami tertarik pada pola. Mereka secara visual menarik dan menyarankan keharmonisan. Pola bisa jadi buatan manusia seperti rangkaian lengkungan atau natural seperti kelopak bunga. Memasukkan pola ke dalam foto Anda selalu merupakan cara yang baik untuk menciptakan komposisi yang menyenangkan. Tekstur yang tidak biasa juga bisa sangat menyenangkan pada mata.


Foto di atas diambil di Tunisia. Saya telah menggunakan pola di batu paving untuk mengarahkan mata ke bangunan kubah. Bangunan itu sendiri menggabungkan pola dalam bentuk serangkaian lengkungan. Atap kubah juga memuji lengkungan bulat di bawah ini.

Di foto kedua ini, juga ditembak di Tunisia, saya sangat menyukai tekstur batu yang bekerja di tanah. Ini kurang biasa dibanding pola pada foto pertama namun permainan cahaya dan bayangan di permukaan sangat menyenangkan. Ada juga tekstur yang menarik di dinding dan atap lorong. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa lengkungan itu menciptakan 'kerangka di dalam bingkai' di sekitar pria dan kafe di sisi lain gapura.

# 8. Rule of Odds
Dalam dunia fotografi, pasti ada banyak 'rintangan' tapi 'aturan rintangan' adalah sesuatu yang berbeda sama sekali. Aturan tersebut menunjukkan bahwa sebuah gambar lebih menarik secara visual jika ada sejumlah subjek yang ganjil. Teori tersebut mengusulkan bahwa sejumlah elemen dalam sebuah adegan mengganggu perhatian karena pemirsa tidak yakin mana yang harus dipusatkan perhatiannya. Sejumlah ganjil elemen dipandang lebih natural dan mudah pada mata. Sejujurnya, saya pikir ada banyak kasus di mana ini tidak terjadi tapi ini pasti berlaku dalam situasi tertentu. Bagaimana jika Anda memiliki empat anak? Bagaimana Anda memutuskan yang mana yang harus dikeluarkan dari tembakan? Secara pribadi, saya akan mendapatkan potensi penghasilan di masa depan.

Foto di atas adalah contoh aturan rintangan. Aku sengaja membingkai adegan itu untuk memasukkan tiga lengkungan. Saya berpikir bahwa dua lengkungan tidak akan bekerja dengan baik dan mungkin telah membagi perhatian pemirsa. Begitu juga kebetulan ada tiga orang di tempat kejadian. Komposisi ini juga memanfaatkan pola dan 'bingkai dalam bingkai'.

Dalam foto dua pendayung gondola di Venesia di atas, Anda akan melihat bahwa saya sama sekali mengabaikan peraturan tentang rintangan. Memang benar bahwa perhatian Anda mungkin bergeser bolak-balik antara masing-masing gondolier. Namun, inilah percakapan antara dua orang, bolak-balik. Untuk alasan ini, saya pikir bahkan jumlah subjek bekerja dalam kasus ini.

# 9. Fill the Frame

Mengisi bingkai dengan subjek Anda, membiarkan sedikit atau tidak ada tempat di sekitarnya bisa sangat efektif dalam situasi tertentu. Ini membantu memusatkan perhatian sepenuhnya pada subjek utama tanpa gangguan apapun. Hal ini juga memungkinkan pemirsa untuk mengeksplorasi detail subjek yang tidak akan mungkin jika difoto dari tempat lebih jauh. Mengisi bingkai sering kali melibatkan begitu dekat sehingga Anda benar-benar dapat memotong elemen subjek Anda. Dalam banyak kasus, ini bisa menyebabkan komposisi yang sangat orisinil dan menarik.

Dalam foto kucing kesayangan saya di sebelah kiri, Anda akan melihat bahwa saya mengisi bingkai itu sepenuhnya dengan wajahnya, bahkan memotong tepi kepala dan surainya. Hal ini memungkinkan pemirsa untuk benar-benar fokus pada detail seperti mata atau tekstur di bulunya. Anda mungkin juga memperhatikan bahwa saya menggunakan aturan pertiga dalam komposisi ini. Dia adalah hewan peliharaan yang indah tapi Anda harus melihat keadaan perabotan kita. Dia juga mencintai anak-anak tapi dia tidak bisa makan satu keseluruhan.

Pada tembakan kedua Katedral Notre Dame di Paris, saya telah meninggalkan sedikit ruang di sekitar tepi bangunan. Inti dari foto ini adalah untuk menampilkan detail arsitektur bangunan depan bangunan.

# 10. Leave Negative Space



Sekali lagi, saya akan benar-benar bertentangan dengan diri saya sendiri! Dalam pedoman terakhir, saya katakan bahwa mengisi rangka bekerja dengan baik sebagai alat komposisi. Sekarang saya akan memberitahu Anda bahwa melakukan sebaliknya juga bekerja dengan baik. Membiarkan banyak ruang kosong atau 'negatif' di seputar subjek Anda bisa sangat menarik. Ini menciptakan rasa kesederhanaan dan minimalisme. Seperti mengisi bingkai, membantu pemirsa fokus pada subjek utama tanpa gangguan.


Comments

Popular posts from this blog

Mengetahui Kegunaan Satu Persatu Tools di VSCO editing Android dan Iphone

Set tools Vsco  Jika Anda pengguna smartphone yang menyukai fotografi dan photo editing, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan VSCO Cam. Aplikasi VSCO Cam yang sudah tersedia di App store dan Google Playstore ini memiliki fitur yang lengkap, yaitu : kamera, filter dan panel editing, dan fitur sosial yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan foto secara Online. Kali ini kami akan mengajak Anda belajar tentang penggunaan filter dan panel editing dan fitur lainnya dalam VSCO Cam. Import Gambar ke VSCO Cam Buka VSCO Cam lalu Anda akan langsung masuk ke library Jika Anda menggunakan kamera bawaan dari aplikasi VSCO Cam untuk mengambil gambar, maka gambar hasil  pengambilan tadi akan otomatis tersimpan di library , tetapi jika Anda menggunakan aplikasi kamera lain , maka Anda harus meng-import gambar secara manual kedalam VSCO Cam untuk bisa di edit. Untuk meng-import gambar, klik simbol + untuk menambahkan gambar. Setelah meng-import gambar ke library, s

Perbedaan VSCO dan VSCO X banyak yang masih bertanya tentang hal ini

Aplikasi pengeditan foto VSCO mengumumkan layanan baru yang diberi embel-embel "X". Terus, apa bedanya VSCO dengan VSCO X? Cek bahasan berikut ini yuk! 1. VSCO X itu bayar! Cara membedakannya yang paling gampang, VSCO adalah layanan gratis sementara VSCO X berbasis abonemen alias subscription. Harganya adalah $19.99 setahun atau sekitar Rp266 ribu. dan jika kalian masih gak mau ngeluarin uang sebesar itu ada cara lain dengan menggunakan teknik luckypatch tutorialnya disini  2. Dapet paket filter baru Kalo langganan VSCO X, ada paket filter baru bertajuk "Film X" yang memberikan kesan sinematik pada foto. Paket filter itu berisi stok-stok tone film yang diambil dari Kodak Portra 160, Kodak Portra 400, Kodak Tri-X, dan Fuji Pro 400H. VSCO menegaskan layanan X-nya memang ditujukan untuk kalangan profesional. 3. Fitur edit lebih canggih Nggak cuma penambahan filter sinematik, sistem pengeditan pada VSCO X pun katanya

TUTORIAL INSTAGRAM PHOTO EDITING UNTUK FOTO GELAP MENJADI FOTO TERANG (EPS 1 KADEK ARINI)

Pagi ini saya terbangun memikirkan pagi hari macam apa favorit saya untuk memulai hari. Saya melihat kembali foto-foto lama saya dan menemukan salah satu favorit saya diambil dari tahun lalu. Itu terletak di pondok yang saya tinggali di Sumbawa, Indonesia. Foto itu sendiri diambil pada pukul 07.00 pagi, oleh karena itu jika Anda melihat foto aslinya, foto itu dipenuhi oleh banyak bayangan karena sebenarnya saya berdiri menghalangi cahaya matahari, jadi saya mendapat zona lampu latar. Saya mencoba menyetel setting kamera saya agar lebih ringan tapi kemudian saya kehilangan warna getaran yang sebenarnya karena mempengaruhi kurva paparan. Jadi aku membiarkannya tertangkap gelap seperti ini. Sinar matahari sebenarnya berasal dari sisi kanan saya, oleh karena itu Anda bisa melihat warna langit tidak sama, tapi semakin ringan ke sisi kiri. Itu tidak muncul karena saya mengatur pengaturan kamera agar tetap gelap. Tapi jangan khawatir kita benar-benar bisa mendapatkan kembali sinar